Kamis, 03 Februari 2011

crop circle

Crop Circle Bermula dari Kisah The Mowing-Devil

Kemunculan crop circle di Yogyakarta membuat heboh publik Tanah Air. Padahal sejatinya fenomena semacam itu telah ada sejak 1678 silam di wilayah Hartfordshire, Inggris.

Kendati demikian, belum ada yang tahu kapan awal mula munculnya crop circle. Kisah kemunculan crop circle di Inggris pada 1678 hanya sebuah cerita berdasarkan pamflet yang beredar dengan judul The Mowing-Devil.

Dikutip dari laman Wikipedia, pamflet tersebut bercerita tentang seorang pemilik lahan yang menolak membayar ongkos yang ditawarkan para buruh tani untuk membajak tanahnya. Sang pemilik lahan menilai upah yang diminta para buruh kelewat mahal. Dia kemudian melontarkan sindiran lebih baik membayar setan ketimbang menuruti permintaan para buruh tani.

Pada malam sesudah percakapan antara pemilik lahan dengan buruh tani tersebut, sawah milik petani tersebut seolah-olah terbakar. Namun di pagi harinya ketika diperiksa, sawah tersebut malah kelihatan sudah dibajak dengan baik.

Kendati tidak bisa diyakini kebenaran ceritanya, namun pamflet beserta gambar ilustrasi The Mowing-Devil kemudian ditahbiskan sebagai kasus crop circle pertama yang tercatat dalam sejarah. Crop circle sendiri didefinisikan sebagai pola terukur dalam berbagai bentuk dengan cara meratakan tanaman

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar